Tahanan Kabur, Kapolres Tapsel Kunjungi Lapas Sipirok

  • Bagikan

TAPANULISELATAN- Pasca 7 orang tahanan kabur, Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Imam Zamroni kunjungi Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Sipirok, di Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Senin (7/11/2022).

Advertisement

Pada kunjungan tersebut, sekira pukul 13.05 WIB, Kapolres Tapanuli Selatan berkoordinasi dengan Kalapas Sipirok Muslim Surbakti AMD.IP SH terkait penanganan kaburnya 7 orang tahanan.

Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Imam Zamroni mengatakan, setelah mendapat laporan bahwa sekitar pukul 03.40 WIB sampai dengan 04.10 WIB telah terjadi kaburnya tahanan. Selanjutnya, penjaga tahanan baru mengetahui sekitar pukul 04.20 WIB dan langsung melaporkan ke pihak kepolisian Polres Tapanuli Selatan.

“Kami langsung koordinasi dengan Kalapas dan Kajari untuk melakukan langkah-langkah dan olah TKP upaya untuk mencari dengan secepat mungkin untuk menangkap pelaku,”ujar Kapolres.

Lebih lanjut, kata Kapolres, langkah pertama melaksanakan pengejaran sesuai dengan informasi yang didapat di masyarakat. Kemudian, melakukan razia penyekatan di titik-titik perbatasan dengan Tapanuli Selatan. “Razia penyekatan diperbatasan yang ada kaitan dengan Tapsel seperti Madina, Padanglawas, Tapanuli Tengah dan Tapanuli Utara selaku pintu dari Kabupaten Tapanuli Selatan,”ujarnya.

Kemudian, upaya lain yang dilakukan bahwa sudah berkoordinasi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan juga keluarga dari para tahanan yang kabur. Pihak keluarga, Kata Kapolres, untuk bisa memberitahukan dan mengajak untuk menyerahkan diri.

“Apabila tahanan tersebut menghubungi pihak keluarga, agar keluarga memberitahu dan mengajak untuk menyerahkan diri untuk dikembalikan ke rutan Sipirok Kelas IIB,”ujar Kapolres.

Advertisement

  • Bagikan