Bunda Harus Tau Tips Sehat Agar ASI Berkualitas

  • Bagikan

Jakarta – Menyusui menjadi jalan terbaik untuk memenuhi nutrisi bayi sejak lahir. Pastikan ASI Bunda selalu maksimal dengan asupan makanan sehat untuk ibu menyusui agar ASI berkualitas.

Makanan yang dikonsumsi saat Bunda menyusui memang penting untuk kesehatan Bunda dan juga Si Kecil. Untuk itu, pilihlah makanan yang bergizi guna mendukung kualitas ASI yang Bunda produksi.

Yuk, cari tahu apa saja makanan yang bisa dikonsumsi, Bunda.

Makanan sehat untuk ibu menyusui
Selain meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, pola makan yang sehat sangat penting untuk memastikan bahwa bayi mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan untuk tumbuh kembangnya. Kecuali vitamin D, ASI mengandung semua yang dibutuhkan bayi untuk perkembangan yang baik selama 6 bulan pertama.

Ketika pola makan Bunda secara keseluruhan tidak menyediakan cukup nutrisi, hal itu dapat memengaruhi kualitas ASI dan kesehatan Bunda.

Karenanya, pastikan Bunda memenuhi kebutuhan gizi harian dengan baik untuk mendukung kesehatan dan kualitas ASI.

Perlu Bunda ketahui bahwa ASI terdiri dari 87 persen air, 7 persen karbohidrat, 3,8 persen lemak, dan 1 persen protein serta menyediakan 65–75 kalori per porsi 100 mililiter. Tidak seperti susu formula bayi, ASI bervariasi dalam kandungan dan komposisi kalori.

ASI juga akan berubah selama setiap kali menyusui dan selama masa menyusui untuk memenuhi kebutuhan bayi Bunda seperti dikutip dari laman Healthline.

  • Bagikan