Tok! RAPBD 2024 Padangsidimpuan Disepakati, Fraksi Gerindra : Efisiensi dan Fokus RSUD

  • Bagikan

PADANGSIDIMPUAN- RAPBD 2024 Kota Padangsidimpuan akhirnya disepakati Pj Walikota, Dr.Letnan Dalimunthe SKM, MKes dan DPRD dalam rapat paripurna yang diselenggarakan di Aula Gedung DPRD, Jl Sudirman Kec. Padangsidimpuan Utara, Senin (27/11/2023).

Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Siwan Siswanto beserta para Wakil Ketua H. Rusydi Nasution,STP MM dan Erwin Nasution,SH MM dan dihadiri 25 anggota DPRD.

Rapat berlangsung dinamis dan seluruh fraksi menyatakan dalam pandangan akhir menyetujui Pembahasan Badan Anggaran terkait postur RAPBD 2024 untuk ditetapkan menjadi Perda. RAPBD 2024 tersebut terdiri dari Pendapatan daerah sebesar Rp 896.545.534.178, Belanja Daerah Rp 944.186.394.217, Penerimaan Pembiayaan Rp 50.440.860.039.

Kemudian, Pengeluaran Pembiayaan sebesar Rp 2.800.000.000 sehingga Defisit dapat ditutupi sebesar Rp 47.640.860.039. Ketua DPRD setelah mengambil putusan bersama meminta dilakukan penandatangan bersama atas Rancangan Perda RAPBD 2024.

Fraksi Gerindra dalam pandangannya menyampaikan pentingnya untuk melakukan inovasi dan fokus pada sektor yang memberikan manfaat pada masyarakat. “Postur RAPBD 2024 mengusung tema efisiensi dan fokus pada kebutuhan masyarakat umum yakni RSUD,” kata M Halid Rahman Ketua Fraksi Gerindra.

Fraksi Gerindra juga menawarkan beberapa jalan keluar dari jebakan ruang fiskal yang terbatas itu.” Kami mengusulkan agar ada inovasi dan menggali alternatif sumber pendapatan daerah, reformasi birokrasi berbasis elektronik, pembentukan BUMD, investasi di Bank Sumut dan pembentukan Pokja Peningkatan PAD,” katanya.

Fraksi Gerindra juga menambahkan bahwa apa yang kita alami saat ini adalah buah dari masa sebelumnya. “Kita punya keterbatasan ruang fiskal, minim akan dana pembangunan apalagi ada perhelatan pemilu di 2024. Perencanaan sebelumnya lemah dan terkesan bukan untuk kepentingan umum,” ucap Halid.

Sementara itu, Rusydi Nasution, Ketua DPC Partai Gerindra Padangsidimpuan menambahkan bahwa ruang gerak fiskal ini harus disikapi dengan melakukan terobosan.

“Kita harus berbenah, mencari terobosan dan menciptakan iklim yang kondusif. Stabilitas dan sinergitas harus dipelihara, karena ini modal dasar dalam membangun. Dan tak ada super-man yang ada super-team,” ujar Rusydi Nasution.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Padangsidimpuan Letnan Dalimunthe menyampaikan rasa syukur atas selesainya pembahasan Ranperda ataupun APBD TA 2024.

“Berbagai masukan serta saran telah melewati proses musyawarah dan mufakat sehingga menghasilkan persepsi yang sama menuju kesejahteraan masyarakat Kota Padangsidimpuan,” ungkapnya.

“Semoga ini bisa menjadikan modal untuk membangun Kota Padangsidimpuan Mantap,” tandasnya.

  • Bagikan