Jelang Iduladha, Kadis Pertanian Padangsidimpuan Imbau Warga Tak Konsumsi Jeroan Hewan Kurban

  • Bagikan

PADANGSIDIMPUAN-Kepala Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara (Sumut), Darwan Harahap mengimbau warga agar tidak mengkonsumsi jeroan hewan kurban agar penyakit tersebut tidak merebak.

Imbuan yang dikeluarkan oleh Dinas Pertanian tersebut sesuai dengan imbuan yang sudah dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Untuk menindaklanjuti imbuan MUI tersebut, Dinas Pertanian Padangsidimpuan juga mengajak agar warga tidak mengkonsumsi jeroan hewan kurban,”ujarnya kepada wartawan.

Dijelaskan kadis, contoh jeroan yaitu, usus, kaki paling bawah dan kepala. Lebih lanjut dia mengatakan, sampai Jumat (8/7/2022), Dinas Pertanian sudah mengeluarkan 600 surat keterangan kesehatan hewan yang layak disembelih.

“Estimasi total keseluruhan hewan kurban untuk Padangsidimpuan melebihi 1.000 ekor, tapi yang baru kami keluarkan surat kesehatan 600 ekor,”ungkapnya.

Sementara, Ketua Fraksi Demokrat DPRD Padangsidimpuan, Irfan Harahap mengatakan, mendukung semua program dari Dinas Pertanian untuk mencegah mewabahnya penyakit PMK.

“Kami mendukung semua program yang dibuat Dinas Pertanian untuk mencegah mewabahnya penyakit PMK, apalagi saat ini menjelang lebaran Iduladha,”imbuhnya.

DPRD juga mengimbau agar masyarakat untuk menghindari konsumsi jeroan pada saat Iduladha. (zn)

  • Bagikan