Mendadak Ikan di Danau Siais Tapanuli Selatan Bertambah, Kok Bisa?

  • Bagikan
Foto Bupati Tapsel, Dolly P Pasaribu ketika melepas puluhan ribu benih ikan di perairan Danau Siais (foto/lensakini/amru)

TAPANULI SELATAN-Jumlah ikan di Danau Siais, Kelurahan Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut), bertambah.

Pasalnya, Bupati Kabupaten Tapsel, Dolly P Pasaribu melepas puluhan ribu benih ikan di perairan Danau Siais, Sabtu (11/12/2021). Menurut pantuan wartawan, puluhan ribu bibit ikan tersebut langsung dilepas bupati ke danau terbesar nomor dua di Sumatera Utara itu.

Pelepasan benih ikan tersebut disaksikan langsung oleh puluhan masyarakat setempat dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Tapsel. Dolly P Pasaribu melepas bibit ikan tersebut tepat pukul 14.00 WIB.

Kepada wartawan, Dolly menjelaskan, aksi pelepasan puluhan ribu bibit ikan itu bertujuan untuk menjaga keanekaragaman hayati yang ada di perairan Danau Siais.”Pelepasan ini bertujuan untuk melestarikan ikan di Danau Siais, karena di tempat ini juga ada penambakan ikan sehingga diharapkan tercipta siklus dari hewan yang ada di Danau Siais,”ungkapnya kepada LENSAKINI.com, ketika ditemui.

Lebih lanjut dia mengatakan, Pemkab Tapsel sudah melakukan berbagai upaya guna pengembangan Danau Siais, termasuk mengusulkan berbagai program ke kementerian. “Pelan-pelan, Pemkab Tapsel akan memoles Danau Siais untuk ramah kepada wisatawan,”ujarnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tapsel, Sopian Adil mengatakan, jenis ikan yang dilepas yaitu, Ikan Tawes 10.000 ekor, Ikan Gurami 6.000 ekor, dan ikan nila 10.000 ekor dengan ukuran 3-5 centi meter,”ujarnya kepada wartawan.

Menurut Sopian, program tersebut sebagai bentuk kepedulian Bupati Tapsel dalam menjaga keanekaragaman hayati yang ada di danau terbesar nomor dua di Sumut itu.

Pelepasan benih ikan tersebut dihadiri sejumlah pejabat seperti, Plt Kepala Dinas Perikanan Tapsel, Sopian Adil, Kepala Dinas Pendidikan, Amros, Kepala Bagian Humas, Isnut Siregar dan Camat Angkola Sangkunur. (zn)

  • Bagikan