Sinabung Kembali Erupsi Empat Kecamatan Berselimut Debu Vulkanik

  • Bagikan
Plt.BPBD Karo, Natanail Perangin beserta unsur TNI-Polri meninjau lapangan sekaligus memberi pengarahan kepada warga di Kecamatan Naman Teran, Sabtu (8/8/2020).

Karo-Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali hembuskan debu erupsi dengan tinggi kolom sekitar 2.000 meter (2 Km) dari puncak gunung tersebut pada dini hari tadi sekira pukul 01.58 WIB, Sabtu (8/8/2020).

Advertisement

Amatan di lapangan, sejumlah kecamatan yakni, Simpang Empat, Naman Teran, Merdeka dan Berastagi yang menjadi tempat pendaratan debu vulkanik sesuai dengan arah pergerakan angin, tampak diselimuti material debu.

Data yang dihimpun dari Pos Pemantau Gunung Api (PPGA) Sinabung, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan, meski mengalami erupsi namun status Gunung Sinabung masih tetap berada pada Level III (Siaga). Abu vulkanik hasil erupsi condong mengarah ke arah Timur.

Plt. BPBD Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin melalui telepon selularnya mengatakan pihaknya telah turun kelapangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sekaligus menenangkan masyarakat terdampak paparan debu, khususnya di Kecamatan Naman Teran.

“Kita menghimbau masyarakat dan pengunjung agar tidak memasuki kawasan zona merah Sinabung. Lebih baik dicegah dari pada nantinya timbul korban. Luas areal pertanian terdampak juga masih dalam tahap perhitungan,”kata Natanail.

Advertisement

  • Bagikan