Desa Hutaimbaru Muara Batang Gadis Terendam Banjir, Ini Penyebabnya

  • Bagikan

MANDAILING NATAL- Desa Hutaimbaru, Kecamantan Muara Batang Gadis, Kabupaten Mandailing Natal mengalami banjir akibat hujan deras melanda wilayah setempat. Akibatnya, puluhan rumah warga ikut terendam.

Advertisement

Peristiwa banjir itu terjadi pada Senin (14/8/2023) sekira pukul 12.00 Wib. Desa yang mengalami banjir termasuk Desa Hutaimbaru Kecamatan Muara Batang Gadis dan Desa Parlampungan, Kecamatan Batang Natal.

Sejumlah warga di desa yang berada di kawasan Sulangaling tersebut terpaksa mengungsi ke daerah yang lebih tinggi karena pemukiman warga tergenang air setinggi lebih kurang satu meter.

Kepala BPDD Madina, Mukhsin Nasution mengatakan, naiknya debit air disebabkan meluapnya sungai Parlampungan. Dan sejumlah permukiman warga terendam banjir.

“Naiknya debit air ini disebabkan meluapnya sungai Parlampungan. Selain membuat sejumlah pemukiman warga di Desa Hutaimbaru tergenang, juga mengakibatkan sebagian jalan Trans Singkuang I tergenang air,” ujarnya.

Sedangkan, di Desa Parlampungan debit air mencapai 65 cm hingga meluap ke permukiman warga di wilayah itu.

“Di Desa Parlampungan banjir diakibatkan meluapnya sungai Batang Natal dan sempat membuat debit air naik mencapai 65 centimeter dan mengakibatkan air meluap sampai ke pemukiman warga,” ujarnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Madina meminta warga agar mewaspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir pada dini hari.

Advertisement
  • Bagikan