Longsor Hebat Porak Porandakan Akses Jalan Nasional dan Provinsi di Simalungun

  • Bagikan

SIMALUNGUN- Bencana longsor hebat akibat hujan deras, Jumat (20/11/2020) tengah malam hingga Sabtu (21/11/2020) dini hari merusak sejumlah akses jalan penghubung kabupaten Simalungun dengan kawasan Tapanuli dan Kabupaten Asahan via Kecamatan Tanah Jawa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Simalungun Fritz Ueki Damanik melalui Sekretaris Manaor Silalahi mengatakan jembatan Bah Hilang Tiga Balata rusak akibat digerus longsong dan arus kenderaan dari arah Pematangsiantar menuju Parapat atau kawasan Tapanuli dan sebaliknya diatur buka tutup untuk sementara.

Kemudian jalan penghubung Tanah Jawa menuju Tanjung Pasir dan Kabupaten Asahan juga hampir sebagian tergerus longsor hingga kenderaan harus ekstra hati-hati melintas.

” Ada tiga titik ruas jalan penghubung kabupaten Simalungun yang merupakan kewenangan provinsi dan pemerintah pusat karena merupakan jalan provinsi dan nasional yang rusak dan mengancam kelancaran transportasi menuju sejumlah daerah akibat hujan deras sejak Jumat (20/11/2020) hingga Sabtu (21/11/2020) dini hari,” sebut Manaor.

Manaor menambahkan untuk penanggulangan pihaknya sudah berkordinasi dengan Balai Besar Jalan Nasional dan Pemprovsu. (zn)

  • Bagikan