Selamatkan Nyawa Cucu, Seorang Lansia di Taput Tembus Api Yang Membakar Rumahnya

  • Bagikan
Suasana saat terjadi kebakaran di Desa Hutatoruan, Kecamatan Taput (Ist)

TAPANULI UTARA-Keberanian Diana Boru Simarangkir (64) pantas diacungkan jempol. Bagaimana tidak, demi menyelamatkan nyawa dia bersama cucunya, perempuan lanjut usia tersebut terobos api yang sudah membakar dan mengepung rumahnya, Rabu (6/1/2021).

Peristiwa itu terjadi di Desa Hutatoruan, Kecamatan Taput, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Tak heran, dia mengalami luka bakar pada bagian muka dan tangannya dan hingga saat ini masih menjalani perawatan intensi di rumah sakit terdekat.

Peristiwa itu berawal ketika Baru Simorangkir bersama cucunya Dika Lumban Toruan sedang tertidur pulas di dalam rumahnya. Karena merasa kepanasan, tiba-tiba Baru Simorangkir terbangun. Namun, dia terkejut melihat api nyaris membakar rumah.

Melihat kejadian tersebut, dia langsung menggendong cucunya. Tak ada jalan lain, kecuali menorobos kobaran api. Aksi nekatnya itu membuat mereka selama dari maut.

Kapolres Taput melalui Kasubag Humas Aiptu W Baringbin, mengatakan, akibat kejadian tersebut dua rumah warga dipastikan hangus. “Kedua pemilik rumah diketahaui bernama Diana Baru Simorangkir dan Dewi Boru Sihombing,”tuturnya kepada wartawan.

Menurut keterangan pemilik rumah (Boru Simorangkir), sebelum kejadian, sekira pukul 23.00 Wib, dia masih bangun dan tidak ada terjadi sesuatu.

Namun, setelah pukul 00.40 Wib, dia terbangun karena kepanasan dan melihat api sudah membesar di ruang tengah dan belakang rumahnya. Setelah itu, korban membangunkan cucunya bernama Dika Lumbantoruan (8) yang saat itu tidur bersama dengannya. (zn)

  • Bagikan