Terkait Fenomena Banyaknya Ketua DPC NasDem Tapsel Mundur Jelang Pilkada, Ini Kata Pengamat

  • Bagikan
Mantan Ketua KPU Padangsidimpuan, Ahmad Effendi Nasution (poto/lensakini/zn)

TAPANULI SELATAN- Jelang Pilkada Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut), 8 Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai NasDem Tapsel tiba-tiba mengalihkan dukungan kepada pasangan Dolly Pasaribu-Rasyid Dongoran.

Padahal, DPD Partai NasDem Tapsel sendiri mengusung Mhd Yusuf Siregar-Roby Agusman Harahap, pada Pilkada Tapsel 9 Desember 2020. Tentunya, keputusan pindah dukungan tersebut mengejutkan masyarakat di Tapsel, tak terkecuali para pengamat politik.

Mantan Ketua Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangsidimpuan, Ahmad Effendi Nasution angkat bicara terkait peristiwa tersebut. Menurutnya, kondisi itu terjadi disebabkan, para Ketua DPC tersebut memandang usungan partai tidak tersahuti aspirasi mereka atas sosok pemimpin yang mereka butuhkan untuk melanjutkan pembangunan.

“Ketika instruksi dari atas ke bawah tidak sesuai dengan harapan, maka hati nurani mereka akan bertentangan, sehingga terjadilah fenomena pengalihan dukungan secara berjamaah,”ujar mantan anggota Bawaslu Kota Padangsidimpuan itu.

Lebih lanjut Fendi mengatakan, sebagai perpanjangan tangan partai di daerah, tentunya, mereka lebih faham sosok calon pemimpin yang dibutuhkan. Ketika usungan partai berbeda dengan yang dinginkan oleh masyarakat, maka, para Ketua DPC menilai solusi utamanya untuk tetap menyahuti aspirasi masyarakat dengan mengalihkan dukungan.

“Mereka tidak mau bersebrangan aspirasi dengan masyarakat, sehingga, mereka memilih untuk melawan kebijakan partai. Ini bukan hanya perkara politik, tapi sudah masuk ke prinsip pilihan”ungkapnya.

Penyebab lain banyaknya Ketua DPC Partai NasDem beralih dungan adalah, tidak bagusnya sistem koordinasi, komunikasi dan komitmen di DPD Partai NasDem Tapsel. (zn)

  • Bagikan