Aksi Bentangkan Spanduk saat Upacara Sumpah Pemuda, Pemko Sidimpuan Koordinasi dengan Kepolisian

  • Bagikan

PADANGSIDIMPUAN (LENSAKINI) – Pemerintah Kota Padangsidimpuan merespon terkait sekelompok pemuda yang membentangkan spanduk saat acara Peringatan Sumpah Pemuda ke-96 tahun di Stadion HM Nurdin, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, Senin (28/10/2024).

Kepada LENSAKINI.com, Kadis Kominfo Kota Padangsidimpuan, Nurcahyo B Susetyo mengatakan, pihaknya menyesalkan kejadian yang dilakukan sekelompok pemuda saat acara Peringatan Sumpah Pemuda ke-96 tahun itu.

“Kita sangat menyesalkan kejadian aksi sekelompok orang yg tidak bertanggung jawab pada saat momen pelaksanaan upacara nasional sumpah pemuda, ini mencederai makna dr upacara tersebut seharusnya teman2 memahami hakikat dr pelaksana upacara itu,” ungkap Mantan Kabag Humas dan Protokol Setdako Padangsidimpuan itu.

Dia menyebutkan bahwa Pemerintah Kota Padangsidimpuan tidak pernah menghalangi siapa pun yang ingin menyampaikan aspirasi. Namun, harus memahami etika serta tata cara sesuai peraturan yang berlaku.

Atas kejadian tersebut, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Polres Padangsidimpuan.

“Pemerintah tidak pernah menghalangi teman2 yg mau menyampaikan aspirasinya tetapi tentunya dgn etika yg baik ada tata cara menyampaikan aspirasi dr kawan2 dan terkait kejadian tersebut kita sudah berkoordinasi dengan pihak terkait yakni polres padangsidimpuan,” ujar Nurcahyo.

Sebelumnya diberitakan, Suasana peringatan Sumpah Pemuda ke-96 tahun di Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara, diwarnai dengan aksi membentangkan spanduk copot kadispora Kota Padangsidimpuan, Senin (28/10/2024).

Pantauan wartawan, sekelompok pemuda tampak masuk ke barisan upacara Sumpah Pemuda ke-96 tahun yang digelar di Stadion HM Nurdin, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan.

Saat salah seorang pejabat Pemerintah Kota Padangsidimpuan menyampaikan sambutan di podium, sekelompok pemuda tersebut langsung membentangkan spanduk berwarna putih bertuliskan “COPOT KADISPORA KOTA PADANGSIDIMPUAN”.

Tidak lama, sejumlah personel Satpol PP Kota Padangsidimpuan datang melarang para pemuda itu untuk membentangkan spanduk tersebut.

Kepada LENSAKINI.com, salah satu pemuda yang ikut dalam aksi membentangkan spanduk Copot Kadispora di Peringatan Sumpah Pemuda mengungkapkan rasa kekecewaannya kepada Kadispora Kota Padangsidimpuan, Ali Hotman Hasibuan.

“Ini merupakan luapan kekecewaan kita terhadap Kadispora Kota Padangsidimpuan, Ali Hotman Hasibuan yang dinilai kurang maksimal melibatkan Pemuda Kota Padangsidimpuan untuk acara kepemudaan,” ungkap Hasmar Siregar.

  • Bagikan