Banjir Disertai Lumpur Landa Desa Hutapuli Siabu, Mandailing Natal

  • Bagikan
Kondisi badan Jalan Lintas Sumatera masih tergenang air disertai lumpur di Desa Hutapuli, Kecamatan Siabu, Madina (Ist)

MANDAILING NATAL-Banjir disertai lumpur terjadi di Desa Hitapuli, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Jumat (13/8/2021).

Akibatnya, banyak rumah warga di daerah tersebut digenangi oleh air. Selain itu, badan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum)  yang menghubungkan antara Kota Padangsidimpuan- KabupatenTapanuli Selatan dan Mandailing Natal tergenang air.

Diduga air berasal dari luapan  Sungai  Aek Hutapuli di desa tersebut. Tayangan siaran langsung pemilik akun Iqbal Arr di Facebook terlihat, ketinggian air di halaman rumah warga mencapai 15 centimeter. Selain itu, terlihat tumpukan sampah berada di atas salah satu jembatan desa tersebut.

Foto salah seorang warga tampak memperhatikan genangan air disertai lumpur yang sudah masuk ke dalam rumah (foto tangkap layar)

Sejumlah kendaraan  baik yang menuju maupun yang keluar Kabupaten Mandailing Natal terjebak macet.Dalam video berdurasi 31.47 detik, tepatnya menit ke-9, pemilik akun tersebut mengatakan bahwa sudah puluhan tahun, baru ini terjadi banjir di Desa Hutapuli.

 

Parit irigasi yang dialiri oleh sungai lancat berada di dekat lahan sawah warga. Banjir akibat tingginya curah hujan, sehingga debit air yang ada di sungai naik dan mengakibatkan meluap hingga ke pemukiman dan badan jalan.

Belum ada keterangan resmi dari pemerintah daerah maupun pihak kepolisian. (zn)

  • Bagikan