Parsadaan Marga Harahap Jakarta Serahkan Bantuan Tunai Kepada Warga Terdampak COVID-19

  • Bagikan

JAKARTA-Parsadaan Marga Harahap, Anakboru Dohot Morana di Jakarta & Sahumaliangna memberikan bantuan berupa uang tunai kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 khususnya di wilayah Jabodetabek, Padangsidimpuan dan sekitarnya.

Penyerahan bantuan yang dikemas dalam program “Harahap Berbagi” tersebut dilaksanakan jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H lalu.

“Walaupun jumlah bantuan dan nilainya tidak seberapa, namun kami berharap ini bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak Covid-19,” ujar Ketua Umum Parsadaan Marga Harahap, Anakboru Dohot Morana di Jakarta & Sahumaliangna, Haris Harahap, Jum’at (22/5/2020) lalu.

Bantuan yang diberikan sebesar Rp250.000 perpaket untuk total sebanyak 150 paket.

Pembina Parsadaan Marga Harahap, Anakboru Dohot Morana di Jakarta & Sahumaliangna, Hapendi Harahap mengutarakan, ide penyaluran bantuan ini diprakarsai oleh anggota parsadaan yang merasa risau dengan kondisi perekonomian sebagian besar masyarakat yang terpaksa tidak dapat menjalankan usaha sebagaimana biasanya.

“Banyak usaha yang terpaksa berhenti, khususnya di sektor informal sehingga banyak pula yang kehilangan pekerjaan dan pendapatan. Di sisi lain, kebutuhan hidup tak bisa ditunda-tunda,” ucap Hapendi.

Ketua Parsadaan Marga Harahap, Anakboru Dohot Morana di Jakarta & Sahumaliangna, Mora Ondak Harahap menjelaskan, penerima bantuan adalah mereka yang bekerja di sektor informal, seperti pedagang kaki lima, pengemudi angkutan umum, pengemudi ojol, pembantu rumah tangga, para hafidz, takmir mesjid, ustadz, petani, tukang cuci, termasuk mereka yang saat ini tercatat sebagai penganggur tanpa penghasilan.

“Selain kepada mereka yang sudah saya sebut tadi, kami memberikan santunan kepada Rumah Yatim Dalimunte-Harahap Yayasan Dulur Salembur yang dipimpin oleh Parlindungan Harahap,” pungkas Mora Ondak.

Demikian juga dikatakan Ketua Parsadaan Harahap lainnya, Salman Paris Harahap, pada awalnya bantuan ini dimaksudkan untuk membantu keluarga besar Marga Harahap yang kurang beruntung, terutama yang paling menderita akibat terdampak Covid-19 di Jakarta sekitarnya.

“Namun kemudian, dari hasil diskusi berkembang untuk tidak terbatas pada komunitas Harahap, tapi juga kepada saudara-saudara lain yang membutuhkan. Ya, diantaranya termasuk Mora dan Anakborunya Harahap baik di Jabodetabek maupun di kampung halaman,” terang Salman.

Penyerahan bantuan dilakukan secara bertahap sejak Selasa (19/5/2020).

Pada kesempatan itu, Haris menyampaikan terima kasih kepada para donatur yang telah ikhlas mendermakan rejekinya untuk disampaikan kepada saudara-saudara yang sangat membutuhkan.

“Tanpa para donatur, ini semua tidak mungkin terlaksana. Oleh karenanya, saya menyampaikan terima kasih tak terhingga kepada semua yang telah memberi bantuan, tanpa menyebut satu-persatu,” tuturnya.

Hatobangon Parsadaan Marga Harahap, H M Hasian Harahap berharap, program ini merupakan awal yang baik untuk melanjutkan program sejenis kedepannya.

“Kita semua menginginkan program semacam ini dapat ditindaklanjuti. Tentu kita berharap agar kedepan dapat dilaksanakan dengan lebih baik. Kami mohon maaf apabila bantuan kali ini belum bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Pengurus Rumah Yatim Dalimunthe-Harahap Yayasan Dulur Salembur, Parlindungan Harahap menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh donatur atas pemberian bantuan tersebut. (bs)

Advertisement

  • Bagikan