Menikmati Keindahan Alam di Taman Aek Raja, Panyabungan

  • Bagikan
Suasana alam yang asri, menjadi salah satu alasan pengunjung untuk mendatangi Aek Raja

MANDAILING NATAL –Apabila berlibur ke daerah Kabupaten Mandailing Natal (Madina), tepatnya di Panyabungan, jangan lewatkan untuk berkunjung ke lokasi wisata Aek Raja di Desa Sibanggor Julu, yang terletak di kaki gunung Sorik Marapi.

Lokasi yang masih asri menambah keindahan tempat tersebut. Namun, siapa sangka, ternyata sebelum disulap menjadi tempat wisata, wilayah itu dahulunya adalah bekas perkebunan.

Berjarak lebih kurang 30 kilomter dari pusat kota Panyabungan, dengan akses jalan yang memadai untuk kendaraan roda 2 maupun roda 4, perjalanan dapat ditempuh hanya dengan waktu 30-45 menit.

Selain akses transportasi yang mudah, lokasi Aek Raja ini juga sangat strategis, mengingat, banyaknya wisatawan lokal yang tersedia untuk menambah keindahan. Apalagi, tidak jauh dari Taman Aek Raja ini tersedia beberapa tempat pemandian air panas yang masih sangat alami.

 

Miswar Nasution Selaku pemilik menceritakan awal mula ia membuka lokasi tempat wisata ini, bermula dari  arel perkebunan yang selalu dikunjungi orang untuk berselfie ria.

“Awalnya hanya kebun jeruk, kopi dan sebagainya, orang yang lewat melihat dan singgah hanya untuk foto, kebetulan di depan ada musholla,” jelasnya. Melihat begitu banyak masyarakat yang tiap hari datang, Miswar pun secara spontan berpikir untuk membuka lokasi taman wisata.

“Tiap hari ada saja orang yang datang, saya pun berpikir membuka untuk umum, dengan mendirikan saung, dekorasi yang kekinian dan juga menyediakan makanan,” katanya.

Lokasi parkir yang memadai membuat pengunjung semakin dimanjakan (poto/lensakini)

Sejak dibuka untuk umum Miswar mengaku tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung, bahkan ada yang dari luar Madina seperti dari Padangsidempuan, dan Sumbar.Dengan konsep dan juga fasilitas yang masih kurang, Miswar menyadari dan kedepan ia akan membuat area permainan anak dan menambah fasilitas untuk memikat pengunjung.

“Kedepan akan dibuat flaying fox, area permainan anak, dan sepeda air juga, dan memang tujuannya untuk membuat agro wisata buah,” ungkapnya.

Nia Ramadani (18) salah satu pengunjung mengungkapkan terpesona akan lokasi yang disuguhkan taman aek raja ini”tempatnya bagus, sejuk, dekorasinya cukup menarik, dan juga sejuk,” sebut Nia.

Dengan lokasi yang cukup menarik Nia menyebut tempat ini tidak bosan untuk dikunjungi. (zn)

 

  • Bagikan