Update Banjir Bandang di Padanglawas: Pemerintah Tetapkan Status Darurat Bencana

  • Bagikan
Suasana desa yang terdampak banjir bandang di Kabupaten Padanglawas, Sumatera Utara (foto/lensakini/TAN)

PADANGLAWAS-Pemerintah Kabupaten Padanglawas menetapkan banjir bandang Kecamatan Batang Lubu Sutam sebagai darurat bencana. Seluruh stakeholder dan relawan saling membahu membantu warga dan mendata kerusakan.

“Kita tetapkan darurat bencana. Ini kita masih mendata warga terdampak, serta kerusakan dan rumah yang hanyut. Untuk selanjutnya kita laporkan ke pemerintah provinsi dan pusat,” kata Plt Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu dilokasi, Sabtu (1/1/2022).

Disejumlah titik, dapur umum dan posko bencana serta posko kesehatan juga didirikan. Selain itu kata Zarnawi, pihakya sudah menurunkan sejumlah alat berat serta unit damkar diterjunkan membantu membersihkan sisa-sisa banjir.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah desa di Kecamatan Batang Lubu Sutam, Kabupaten Padanglawas, Sumatera Utara (Sumut) banjir bandang. Akibatnya, fasilitas umum seperti sekolah dan masjid rusak berat, Jumat (31/12/2021).

Desa yang mengalami banjir bandang adalah, Desa Tanjung Baru, Tamiang, Tanjung Barani dan Desa Manggis. Banjir akibat terjadinya hujan deras yang melanda daerah itu sejak beberapa hari yang lalu. Sehingga mengakibatkan arus di Sungai Sutam meluap. (zn)

  • Bagikan