Kasihan, Pengungsi Banjir Bandang di Padang Lawas Kekurangan Air Bersih dan Pakaian Dalam Perempuan

  • Bagikan
Foto ratusan pengungsi banjir bandang di Kabupaten Padang Lawas, Sumut (foto/lensakini/TAN)

PADANG LAWAS-Ratusan warga yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Batang Lubu Sutam, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara membutuhkan air bersih dan pakaian dalam terutama untuk perempuan.

“Beras, mie instan stoknya masih lumayan yang paling dibutuhkan pengungsi saat ini air bersih untuk minum dan mohon maaf satu lagi adalah pakaian dalam yang baru,” terang Kepala Dinas Sosial Palas, Achmad Fauzan Nasution, Selasa (4/1).

Disisi lain, Achmad Fauzan juga berharap kepada semua pihak yang ingin menyalurkan bantuan agar melalui satu pintu, y akni di posko utama yang ada di Desa Tanjung Baru.

Penyaluran bantuan apapun bentuknya itu, guna menghindari rasa ketidakadilan bagi pengungsi. Mengingat kegaduhan yang terjadi sebelummya.

“Kita kesulitan jika bantuan langsung diberikan kepada warga. Sebab, akan terjadi ketimpangan, ada yang mendapat dan tidak mendapat bantuan. Mohon pengertian kita semua, bantuan yang masuk dapat kita pertanggung jawabkan karena tercatat berapa yang masuk dan keluar. Insya Allah kami tidak akan menyalahgunakan bantuan. Dan akan kita salurkan kepada warga,” tegasnya.

Sejauh ini, telah didirikan delapan posko dapur umum yang ketersediaannya disuplai satu hingga dua kali sehari sesuai kebutuhan warga. Sembari mendata pengungsi lebih detail, sebagai dasar melayani warga.

Selain itu juga, pemda telah menyiapkan sarana bermain bagi anak-anak pengungsi untuk menghindari kejenuhan dan agar tetap memproleh pendidikan di tenda yang telah disediakan Kemensos.

“Kepada semua pihak kami ucapkan terimakasih atas kepedulian dan keterpanggilannya untuk membantu masyarakat kita yang terkena musibah,” tandas Achmad Fauzan. (zn)

  • Bagikan