Banjir, Puluhan Rumah Warga di Hanopan Sibatu Padangsidimpuan Tergenang

  • Bagikan
Foto kondisi rumah warga di Kelurahan Hanopan Sibatu, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan (Ist)

PADANGSIDIMPUAN-Banjir terjadi di Lingkungan 2, Kelurahan Hanopan Sibatu, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara (Sumut), banjir, Jumat (10/12/2021).

Akibatnya, puluhan rumah warga di lingkungan tersebut digenangi air. Informasi yang diperoleh dari masyarakat setempat, banjir mulai dirasakan masyarakat sejak pukul 05.00 WIB. Saat itu, hujan lebat tidak berhenti.

Curah hujan yang tinggi membuat debit air di Sungai Aek Batang Angkola tinggi dan akhirnya meluap ke pemukiman. Banyak rumah masyarakat yang berada di bantaran sungai menjadi tergenang.”Sejak Subuh sudah banjir,”ujar Efendi Muas, salah seorang warga kepada LENSAKINI.com.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain curah hujan yang tinggi, rendahnya tempat pemukiman warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai diduga menjadi salah satu penyebab utama banjir. Sehingga, apabila hujan lebat turun dan sungai meluap, maka langsung akan menggenangi rumah warga.

Menurut Fendi, masyarakat di tempat itu masih khawatir akan adanya banjir susulan, sebab, curah hujan masih tinggi di wilayah itu.

Sayangnya, hingga pukul 09.00 WIB, perhatian pemerintah Kota Padangsidimpuan, di bawah pimpinan Irsan Efendi Nasution belum ada. (zn)

  • Bagikan