Pasca Banjir Bandang di Padanglawas, Ribuan Kubit Tumpukan Kayu Dibersihkan

  • Bagikan
Foto kondisi salah satu desa yang terkena banjir bandang di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara (foto/lensakini/TAN)

PADANGLAWAS- Pasca banjir bandang di Kecamatan Batang Lubu Sutam, akses penghubung antar desa sempat terhambat. Sebab, tumpukkan material kayu dan lumpur menggunung, dan menghambat jalan. Tepatnya di jembatan penghubung desa antar desa Tamiang dan desa Manggis.

Namun pada hari kedua pasca peristiwa nahas itu, jalan sudah mulai pulih. Meski belum sempurna, jalan sudah bisa dilalui kenderaan. Namun harus tetap waspada, sebab material kayu dan lumpur masih tersisa dikedua sisi jalan.

Dua unit alat berat sempat diturunkan untuk membersihkan lumpur dan material kayu dari badan jalan. Perlahan jalan mulai pulih.

“Alhamdulillah sudah bisa dilewati. Terima kasih buat Pemda, TNI/Polri dan semua pihak yang terus berjibaku membantu pemulihan kondisi pasca musibah ini,” tukas Arpin Hasibuan dan Mara Kumpul Nasution, anggota DPRD fraksi PKB dan anggota DPRD fraksi Hanura.

Anggota DPRD yang juga turut terdampak banjir ini berharap kepada pihak perusahaan yang berada di Kabupaten Palas untuk turut membantu ke lokasi. Salah satunya dengan menurunkan alat berat, bagi perusahaan yang memiliki alat berat.

Pemulihan kondisi ini diyakini butuh waktu lama. Namun, dengan bantuan alat berat, diharapkan bisa membantu pembersihan material, baik yang berserakan atau yang tertimbun di rumah-rumah warga.

“Ini harapan kami agar kiranya perusahaan-perusahaan juga ikut menerjunkan alat beratnya, untuk membersihkan kayu-kayu dan lumpur,” tambah Arpin, warga Desa Manggis. (zn)

  • Bagikan