PAN Dorong Pemerintah Lakukan Aksi Nyata Bantu Palestina

  • Bagikan

JAKARTA – Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) DPR RI, Saleh Partaonan Daulay apresiasi sikap tegas pemerintah Indonesia atas agresi yang dilakukan Israel kepada Palestina.

“Pernyataan Presiden Jokowi sudah tegas. Sangat bagus. Dari sisi retorika politik, semestinya sudah bisa menggalang dukungan negara-negara besar, terutama negara-negara Islam,” kata Saleh dalam keterangan persnya, Minggu (16/5/2021).

Namun menurut Saleh, pernyataan tersebut harus segera ditindaklanjuti. Hal pertama yang harus dilakukan Indonesia adalah meningkatkan diplomasi global.

“Pernyataan Jokowi itu perlu ditindaklanjuti. Setidaknya, Indonesia perlu meningkatkan diplomasi di pentas global. Indonesia harus mendesak semua organisasi Internasional untuk melindungi rakyat Palestina,” seru legislator dapil Sumatera Utara II ini.

Kemudian Saleh menambahkan, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia segera mengirim bantuan kemanusiaan ke Palestina.

“Kita tidak bisa hanya berhenti pada retorika. Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia semestinya dapat mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina,” ungkap Saleh.

Selama ini, bantuan sudah berjalan dengan baik. Namun, di tengah situasi pandemi dan agresi yang dilakukan Israel, bantuan dari umat Islam Indonesia menjadi sangat dibutuhkan.

Di akhir keterangannya, Saleh meminta agar Pemerintah Indonesia juga mengirimkan obat-obatan dan alat kesehatan.

“Bantuan obat dan alkes tentu akan lebih efektif saat ini dibanding dengan diplomasi. Apalagi saat pandemi seperti ini. Indonesia harus mengambil inisiatif dalam memberikan bantuan obat dan alkes untuk Palestina,” tutup Mantan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah tersebut. (zhp)

  • Bagikan