Hitung Cepat Median : Akhyar-Salman 45,20 %, Bobby Nasution-Aulia Rachman 54,80 %

  • Bagikan

MEDAN-Median Survei Nasional merilis hasil hitung cepat untuk Pilkada Medan 2020.

Berdasarkan hasil hitung cepat itu pasangan calon Bobby Nasution-Aulia Rachman berhasil unggul dengan 54,80 persen, berbanding 45,20 persen untuk pasangan calon Akhyar Nasution-Salman Alfarisi.

Data yang berhasil dihimpun median sampai pukul 15.34 WIB masih 61,33 persen. Dengan tingkat partisipasi pemilih 50 persen.

Direktur Riset Median, Ade Irfan Abdul Rachman, menjelaskan hitung cepat dilakukan dengan metode multi-stages random sampling di 300 TPS.

“Sebaran TPS yang dilakukan untuk hitung cepat diambil secara proporsional,” ujar Ade, saat pemaparan di Hotel Swiss Bell, Jalan Gajah Mada, Medan, Rabu (9/12).

Dia menjelaskan biasanya setelah data yang masuk 61,33 %, perolehan suara akan stabil.

“Hitung cepat ini memiliki margin of eror hanya 1 %,” jelasnya.

Sebelumnya, Bobby Nasution belum mau berbicara soal hasil akhir. Menurut dia, saat ini warga Medan masih disibukkan dengan agenda datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan hak pilih.

“Kita masih nyoblos-nyoblos, mudah-mudahan, pastinya banyak nantinya, kalau dari kita ada quick count atau segala macam, apapun hasilnya, saya menyampaikan sama tim, kita tunggu nanti hasil resmi KPU,” ujar Bobby didampingi Kahiyang usai menggunakan hak pilih di TPS 22 Komplek Taman Setia Budi, Medan, Rabu (9/12).

Karena pilkada digelar di tengah pandemi covid-19, Bobby Nasution menyebut apapun hasil akhirnya, kemenangan adalah milik warga Medan.

  • Bagikan